Minggu, 29 Oktober 2017

Kreasi dari Kaleng Sarden Bekas (Pot Bunga Tulip)

Suami saya suka banget yang namanya ikan sarden kaleng. Sebenernya saya juga suka sih. Suka karena masak ini guampang banget ahahhahaha
Selesai masak, tibalah saat membuang kaleng ikan sarden ini. Pluuunggg!!!


Tiba2 saya teringat kakak sepupu saya yang pernah memberikan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Petojo Utara.  Ketika itu kebetulan saya disana,  diundang untuk belajar bersama mengolah kain perca.



Saya ingat mbak saya bilang bahwa limbah kaleng itu membutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk dapat terurai.  Waaaaawww.....!! Lama banget kan...
Itu baru 1 sampah kaleng dari saya,  yang makan ikan sarden atau makanan minuman kaleng kan banyak di dunia ini... Limbahnya gimana??? Ckkckckck...
Maka itu... Saya simpen lagi deh nih sampah kaleng. Saya mikirin gimana caranya supaya kaleng ini bisa di recycle menjadi sesuatu yang lebih berharga...
Akhirnya saya dapat ide... Gimana kalau dijadikan pot kaleng sebagai hiasan rumah aja. Kayak gini nih kreasi / kerajinan dari kaleng sarden bekas..





Beginilah hasilnya...



Tapi masak jadi pot doang,  gak ada bunganya? Jadi kita bikin bunganya juga ya sekalian. Kayak gini deh jadinya...


Gimana? Cantik kan?
Mau tau juga cara bikin bunga tulip nya? Yuk disimak....

























Semuanya gampang kan?
Kebetulan saya baru bisa juga bikin bunga tulip besar gini,  diajarin mbak Regina (Regnique). 😁😁😁😁😁

Yuk kawan2,  kita harus lebih bijak lagi dalam membuang sampah. Karena kebanyakan sampah rumah tangga "zaman now" menggunakan bahan2 yang gak mudah untuk diurai. Kebayang semakin lama dunia kita ini akan penuh oleh sampah2.
Walaupun mungkin ini hanya sebagian keciiiiiiillll yang dapat kita lakukan dalam mengolah limbah menjadi barang yg bermanfaat.
Bukankah hal yang besar itu dimulai dengan hal yang kecil? Ya kan..


Jumat, 27 Oktober 2017

Talenan Lukis Wajah

Saya baru coba nih menggambar di talenan kayu. Ternyata asik juga 😁😁😁
Ya untuk awal memang banyak kendalanya,  karena sudah lama juga saya gak menggambar2 kayak jam SMP-SMA dulu.  Tangan berasa kaku2 gitu.
Kebetulan nih saya nemu talenan berbentuk bet pingpong,  lucu deh.
Saya coba gambar2 wajah imyut (kepedean). Sebisa2 saya deh ehehhehe...

Saya beli cat acrylic. Karena menurut info cat ini bagus  banget untuk media lukis berupa kayu.  Kali ini saya beli cat acrylic merk TiTi.



Emang sih bener bagus,  tapi harganya juga bagus 😁.  Buat saya yang baru pegang cat ini sih termasuk boros saya pakenya.  Sepertinya karena saya gak pandai pakenya ya.
Makanya saya coba combine dengan cat kayu,  cat besi. Ternyata lucu juga. Dapet glossy nya.






Saya juga nyoba menggambar di talenan kayu berbentuk persegi.



Yuk temen2 coba juga. Jamin ketagihan deh corat coret di media ini.



Kamis, 26 Oktober 2017

Bantal Jarum dari Tutup Galon

Hellooo...hello...helloooo....
Jumpa... Jumpa lagi mentemen...
Udah lama nih saya gak posting ya. Padahal foto2 sudah numpuk bahkan sebagian sudah ada yang saya hapus.
Ya... Niatnya mulai sekarang saya mau posting deh dikit2... Nyicil2 gitu... Biar blog nya aktif lagi.  Syukur syukur kalau bisa memotivasi mentemen semua nge-craft.  ☺️☺️
Oke kali ini kita bikin bantal jarum atau kata orang bule mah namanya pincushion. 


Bahan utamanya yaitu tutup galon air mineral. Lumayan kan bisa mengurangi limbah plastik.  Disulap jadi barang yang bermanfaat. Betul?
Bahan utama nya :
1. Tutup galon air mineral
2. Pola kain katun berbentuk lingkaran dengan diameter sekira 18cm untuk diisi dakron.  Dan pola lingkaran secukupnya yang penting bisa menutup tutup galonnya.
3. Dakron
4. Mutiara renceng mini / renda bunga / renda baso (bebas sesuai selera)
5. Lem
6. Gunting
7. Jarum
8. Benang
Mau tau cara bikinnya? Yuk disimak tutorialnya...


Mudah banget kan cara buatnya... Jarum pentul jadi aman ada tempatnya...
Silahkan dicoba... 😊😊😊





Senin, 02 Oktober 2017

Steak dan Kentang Goreng dari Kulit Sintetis

Beberapa hari lalu ada teman yang order education toys dari bahan kulit sintetis.  Beliau minta dibuatkan dalam bentuk steak dan kentang goreng (french fries). Wah... Tantangan banget ini. Soalnya saya belum pernah bikin. 

Sempat mengalami sedikit kebuntuan untuk eksekusinya. Akhirnya browsing dah... Melototin real steak dan kentang goreng nya. 😁😁
Alhamdulillah akhirnya jadi juga.... 





Semua part di education toys ini dibuat dari kulit sintetis yang tipis. Untuk steak khusus kita isi dakron. Kalau untuk jahitan semua full jahit jelujur. 
Cocok banget ini untuk mainan anak2. Aman,  awet dan unik. 
Alhamdulillah lagi... Yang order suka.
 Rasanya senang dan puas di hati ini... 
😍😍😍



Selasa, 22 Agustus 2017

Tutorial Gantungan Kunci Donat Flanel


Baiklah mentemen....
Karena saya suka banget makan donat,  kali ini saya mau bagi tutorial gantungan kunci donat dari kain flanel. Gantungan kunci ini termasuk best seller juga di Vita's Craft. 



Tapi tutorial nya mau saya bagi lhoooo.....  Biar mentemen di rumah juga bisa praktekin ya... 
Yuk cusss...











Bagian sisi flanel ini dijahit pakai tusuk feston ya.  Jarak antar tusukkan jangan terlalu jauh agar terlihat lebih rapi.  Jadi seperti ini... 



Gimana? Gampang banget kan bikinnya. 
Yang penting isi dakronnya yang rata ya biar hasilnya ndut2 lucu. 
😁😁😁

Sampai jumpa di tutorial berikutnya. See yaaa... 




Followers